4 Cara Menggunakan Uang Agar Bisa Selalu Membawa Kebahagiaan


Saya yakin semua orang tahu bahwa uang adalah alat pembayaran yang sah yang dikeluarkan oleh pemerintah. Tanpa terciptanya uang mungkin  masyarakat akan merasakan sulit untuk membeli barang yang mereka butuhkan.

Kalau menurut dari sejarah yang saya tahu. Dulu belum ada yang namanya uang. Jika ingin mendapatkan sesuatu barang (membeli). Ia akan menukarkan barang yang dimiliki dengan barang yang dibutuhkan. 

Shutterstock

Lantas apa hubungannya uang dengan kebahaagian ?


Yang pasti ada hubungannya....

Jika ada orang yang mengatakan "Kebahaguaan itu tidak bisa dibeli dengan uang" atau "Uang tidak bisa membeli kebahagiaan" mungkin orang tersebut...

  • Sedang tidak punya uang
  • Tidak tahu (bisa) cara mengelolanya
  • Tidak bersyukur


Terus apa yang seharusnya kita lakukan  dengan uang yang kita miliki...??


Saya sendiri sebenarnya tidak tahu apakah saya ini termasuk orang bahagia atau bukan. 

Untuk itu mari kita bersama-sama menalaah dan membahasnya.

Diantaranya.....

1. Uang sebagai jembatan tujuan kita

Dengan adanya uang yang kita miliki, kita bebas melakukan apa saja yang kita mau. Bisa membeli barang yang kita idamkan selama ini. Pergi liburan, piknik, atau travling.

Dengan kegiatan seperti itu akan mengurangi stres dan mengembalikan mood yang fresh. Bukankah itu suatu kebahagiaan.

2. Uang dapat membeli pengalaman

Pengalaman memang tidak selalu memerlukan uang, tetapi uang sangat berkontribusi untuk menunjang kebutuhan yang akan kita perlukan.

Misalnya.....

Sobat ingin tahu cara bermain laptop atau komputer. Tapi sayang sobat belum memilikinya..  Alhasil sobat pun pasti meminjam keteman atau merental di warnet.

Tapi keinginan tinggal keinginan kalau tidak ada uang tetap saja kemauan yang kita dambakan belum bisa tercapai. Seandainya jika sobat bisa untuk bermain, pasti sobat akan merasakan kepuasan dan kebahagiaan di dalam hati.



3. Menjadi Investor

Kalau selama ini uang yang ada selalu dihabiskan untuk keperluan konsumtif saja, sudah pasti uang tidak membuahkan hasil apa-apa.

Coba sisihkanlah sedikit rizki yang sobat punya, untuk ditabungkan atau di investasikan kedalam bentuk emas mungkin juga bentuk properti.

Karena kita tidak tahu dikemudian hari nanti, uang yang diinvestasikan dulu akan bermanfaat di masa depan.

4. Memberi orang lain

Hal yang membuat orang tidak bahagia juga karena minimnya jiwa sosial yang mempengaruhi setiap individu. Tidak perduli sama orang yang sedang membutuhkan bantuan. Enggan berbagi apalagi sedekah.

Harta dan uang takkan pernah berkurang walaupun sering memberi. Yang ada orang yang kita beri akan menjadi senang dan bahagia. Tanpa disadari kita pun tersugesti menjadi bahagia karena membuat orang lain bisa tersenyum.


Sebenarnya semua orang hidup di dunia pasti sudah merasakan kebahagiaan tanpa disadarinya. Namun sedikit orang yang mau bersyukur atas nikmat Allah SWT.

Kalu bukan seperti hal di atas, lalu bagaimana lagi agar kita bisa hidup bahagia tanpa sedikit pun menggunakan uang.


Artikel lainnya :


Share:

2 comments:

Note: only a member of this blog may post a comment.